Tim Pengabdian AKN Aceh Barat Latih Tata Cara Pengurusan Jenazah Bagi Siswa-Siswi SD Negeri Reudeup

Tim Pengabdian AKN Aceh Barat Latih Tata Cara Pengurusan Jenazah Bagi Siswa-Siswi SD Negeri Reudeup

Tim pengabdian yang terdiri atas dosen, tenaga kependidikan, mahasiswa, dan alumni Akademi Komunitas Negeri (AKN) Aceh barat melaksanakan pelatihan tata cara pengurusan jenazah bagi siswa-siswa SD Negeri Reudeup, Kecamatan Meureubo, Aceh Barat (27 Mei 2021).

Kegiatan diawali dengan arahan dari tim pengabdi dan dilanjutkan dengan praktik tata cara pengurusan jenazah. Para siswa-siswi terlihat sangat antusias mengikuti kegiatan tersebut dan kegiatan ini berakhir dengan foto bersama.

Ketua pengabdi, Luthfi, M.Pd yang juga dosen pendidikan agama mengatakan bahwa alasan pemilihan topik tata cara pengurusan jenazah, menurutnya  kematian adalah sesuatu yang pasti, tidak bisa diprediksi kapan terjadi, bisa di masa anak-anak, remaja, ataupun dewasa. Oleh karena itu, perlu  diberikan pengetahuan dan pengalaman belajar sejak usia dini tentang pengurusan jenazah.

“Lokasi pelatihan termasuk daerah tertinggal, perlu adanya kolaborasi dengan pihak luar. Harapannya, siswa-siswi mengetahui kewajiban orang yang hidup kepada jenazah : (1) memandikan jenazah,  (2) mengafani jenazah, (3) menyalatkan jenazah, dan (4) menguburkan jenazah.”

Kepala sekolah SD Negeri Reudep, Agustina, S.Pd. mengucapkan terima kasih kepada tim pengabdi dari AKN Aceh Barat yang telah melatih para siswa-siswi. Menurutnya, pengabdian ini sangat bagus dan penting bagi siswa-siswi. 

“Pelatihan ini bagus karena membantu praktik pelajaran agama terkait pengurusan jenazah. Terlebih karena pandemi baru bisa melaksanakan praktik sekarang,” kata Agustina.

Sementara itu, Ketua UPT Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat, dan Penjaminan Mutu (P2M-PM), Hilma Erliana, S.T., M.T., mengharapkan semoga pelatihan ini menambah pengetahuan dan pengalaman belajar siswa-siswi.

“Jika terjadi kemalangan dalam keluarga ataupun masyarakat siswa-siswi tidak terlalu terkejut atau takut,” kata Hilma Erliana yang juga anggota tim pengabdian.

Adapun tim pengabdian ini terdiri atas:

1. Luthfi, M.Pd. (Dosen TPL)

2. Hilma Erliana, S.T., M.T. (Dosen PBA)

3. Kasmawati, S.E. (Tendik)

4. Denissa Khairani S.I.Kom (Tendik)

5. Nina Novita Sari, A.Ma. (Alumni)

6. Sarah Fitria, A.Ma (Alumni)

7. M. Syarwali (Mahasiswa)

8. Dia Fitria Ningsih (Mahasiswa)

9. Nurlisma (Mahasiswa)

10. Yulita (Mahasiswa)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *