Silaturahmi dengan Sekda, AKN Aceh Barat Tawarkan Kerja Sama Bidang Tridarma

Silaturahmi dengan Sekda, AKN Aceh Barat Tawarkan Kerja Sama Bidang Tridarma

Wakil Direktur Akademi Komunitas Negeri (AKN) Aceh Barat, Ir. Hanif, M.T. menawarkan kerja sama bidang tridarma (pendidikan, penelitian, dan pengabdian) perguruan tinggi dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Barat. Hal itu diutarakan Hanif saat silaturahmi dengan Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Aceh Barat yang diwakili oleh Plt. Asisten Pemerintahan dan Keistimewaan Aceh Setdakab Aceh Barat, Mawardi, S.H., di ruang kerja Asisten Pemerintahan Setdakab Aceh Barat (9-7-2021). 

Terdapat tujuh poin penawaran kerja sama yang diajukan oleh AKN Aceh Barat kepada Pemkab Aceh Barat terkait tridarma perguruan tinggi, yakni (1) program pembinaan dan sertifikasi keahlian bagi narapidana atau warga binaan Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Meulaboh, (2) pembinaan gampong melalui pengabdian kepada masyarakat, (3) pemanfaatan laboratorium konstruksi pondasi, beton, dan pengaspalan jalan (4) pemanfaatan laboratorium teknologi pengelasan logam, (5) pemanfaatan laboratorium instalasi dan pemeliharaan jaringan listrik, (6) sertifikasi keahlian untuk bidang instalasi listrik, pengelasan, dan pengukuran jalan kerja sama dengan Lembaga Sertifikasi Profesi Politeknik Negeri Lhokseumawe, dan (7) mengupayakan pendidikan gratis bagi anak kurang mampu (warga Aceh Barat) lulusan SMA/SMK tahun lulusan 2020—2021 melalui KIP-K.” 

“Adapun tujuan pertama kami kemari adalah ingin bersilaturahmi. Sebelumnya kami juga telah bersilaturahmi dengan Bupati Aceh Barat, H. Ramli, MS. Atas masukan Beliau, kedatangan kami di sini adalah kembali mempererat silaturahmi yang mana selama ini Pemkab Aceh Barat telah banyak memberikan sumbangsih terhadap kemajuan AKN Aceh Barat, salah satunya adalah pemberian izin pinjam pakai gedung perkuliahan yang kami pakai hingga saat ini,” kata Hanif. 

Selanjutnya, Hanif menambahkan sebagai perguruan tinggi negeri vokasi, AKN Aceh Barat sangat membutuhkan mitra dalam hal melaksanakan tridarma. Untuk itu, dari segi sumber daya manusia, fasilitas laboratorium, ataupun ide, kami sangat mengharapkan dukungan dari Pemkab Aceh Barat agar kontribusi dari AKN Aceh Barat dapat dirasakan oleh masyarakat. 

Berdasarkan paparan dari Ir. Hanif, M.T. Plt. Asisten Pemerintahan dan Keistimewaan Aceh Setdakab Aceh Barat, Mawardi, S.H. menyambut baik tawaran dari AKN Aceh Barat. Mawardi menyarankan program-program yang ditawarkan oleh AKN Aceh Barat dapat berkonsultasi dengan SKPD Aceh Barat. 

“Saya mewakili Setda Aceh Barat, mengucapkan terima kasih atas kunjungan dari Bapak-bapak. Untuk program yang telah dipaparkan dapat dikoordinasi langsung dengan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) seperti program pemberdayaan gampong, Bapak-bapak dapat bersilaturahmi dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Gampong Aceh Barat, ataupun program sertifikasi keahlian dapat berkonsultasi dengan Balai Latihan Kerja (BLK) karena semua program ada pada masing-masing SKPD. Keterlibatan dari AKN Aceh Barat dapat menjadi tim ahli ataupun widyaiswara dalam berbagai pelatihan. Pada intinya, kami menyambut baik tawaran program dari AKN Aceh Barat,” kata Mawardi

Mawardi juga menyarankan agar AKN Aceh Barat lebih giat dalam hal menjalin kerja sama dengan berbagai pihak agar kampus AKN lebih dikenal. 

“Semoga ke depannya, AKN Aceh Barat mendapat hati di mata masyarakat sehingga menjadi pilihan utama bagi masyarakat Aceh Barat untuk melanjutkan pendidikan.”

Turut hadir dalam pertemuan tersebut, Rahmad Nuthihar, S.Pd., M.Pd. Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) AKN Aceh Barat, Jagodang Harahap, S.Pd., M.T. Sekretaris UPT Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat, dan Penjaminan Mutu (P2M-PM), Herdian Saputra, S.T., M.T. Ketua Laboratorium Instalasi dan Pemeliharaan Jaringan Listrik/staf perencanaan. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *