Dosen AKN Laksanakan PKM di Aceh Jaya

Dosen AKN Laksanakan PKM di Aceh Jaya

Haba AKN | Dosen Akademi Komunitas Negeri (AKN) Aceh Barat, Jumat 20 September 2019 melaksanakan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) sosialisasi teknis manajemen pengolahan persampahan di Gampong Dayah Baroe, Kabupaten Aceh Jaya. Sosialisasi yang terbagi dua sesi, diisi oleh sosialisasi dari dosen AKN Aceh Barat, Luthfi, S.Pd.I., M.Pd. dan Hilma, S.T., M.T.

Pada sesi pertama, Luthfi, S.Pd.I., M.Pd. menjelaskan bagaimana pengolahan sampah organik dan anorganik yang masih banyak di sekitar masih dengan cara penumpukan sampah di lahan terbuka (open dumping). Maka dari itu perlu adanya manajemen pengolahan sampah, salah satunya yaitu pengolahan sampah dengan metode sanitary landfill. Selanjutnya, pada sesi kedua, Hilma Erliana, S.T., M.T. memaparkan bagaimana teknis manajemen pengolahan sampah pada skala rumah tangga. Yang pertama bagaimana Sampah yang diolah dibuat menjadi pupuk kompos sederhana dengan media karung, keranjang takakura ataupun cetakan kayu. Yang kedua bagaimana cara mengolah sampah dengan membuat lubang resapan biopori yaitu teknologi alternatif dan sederhana untuk pengolah sampah rumah tangga yang dapat diterapkan dilahan permukiman yang sempit dan juga berfungsi sebagai penyerapan air hujan selain dengan sumur resapan. Dan yang terakhir bagaimana mengolah sampah anorganik yang dapat dimanfaatkan untuk kerajinan tangan ataupun hiasan taman.

“Sampah perlu dikelola agar tidak menumpuk di satu tempat dan sampah tersebut bisa menghasilkan benda yang bernilai tambah,” papar Hilma di depan belasan peserta PKM.

Geuchik Gampong Dayah Baroe, Afrizal Adam mengapresiasi kedatangan dosen Akademi Komunitas Negeri Aceh Barat ke gampongnya. Menurutnya, sosialisasi ini sejalan dengan visi misi beliau yang konsen terhadap sampah dan kebersihan lingkungan.

“Kami mengapresiasi tim PKM yang datang jauh-jauh ke Gampong Dayah Baroe. Kami berharap semoga ada kelanjutan dari sosialisasi ini, seperti pembuatan biopori, praktik pengomposan dan daur ulang sampah,” ungkap Afrizal Adam. Acara yang berlangsung satu hari ini, turut dihadiri oleh staf pengajar dan instruktur AKN Aceh Barat, Hasnita, S. ST, Dilla Vanny, S. ST, Marsuriati, S.ST.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *