AKN Aceh Barat Raih Insentif PKM-GFK

AKN Aceh Barat Raih Insentif PKM-GFK

Akademi Komunitas Negeri (AKN) Aceh Barat meraih insentif Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) untuk kategori PKM-GFK. Informasi insentif tersebut berdasarkan hasil seleksi yang dilakukan oleh Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi dengan nomor surat 1588/E2/TU/2020.

Direktur AKN Aceh Barat, Ir. Dailami, M.T. mengucapkan selamat sekaligus memotivasi seluruh civitas akademika untuk saling bersinergi dan berkontribusi guna mengharumkan nama Akademi Komunitas Negeri Aceh Barat di level nasional.

“Alhamdulillah, ini merupakan kabar yang menggembirakan sekaligus tantangan untuk terus berkarya. Bentuk kontribusi perguruan tinggi kepada masyarakat adalah dengan menjalankan tridarma, dalam hal ini PKM merupakan wadah bagi dosen, instruktur, dan mahasiswa guna mengaplikasikannya,” kata direktur, Sabtu 25 Juli 2020.

Ir. Dailami, M.T. merincikan AKN Aceh Barat mengajukan 9 judul PKM. Kesembilan judul tersebut terdiri atas 7 judul PKM 5 Bidang (1 PKM Karsa Cipta, 5 PKM Kewirausahaan, dan 1 PKM pengabdian), 1 judul PKM Gagasan Futuristik Konstruktif (PKM-GFK), dan 1 judul PKM Gagasan Tertulis (PKM-GT).

“Hasil pengumuman penerima insentif PKM-KT dan PKM-GFK, alhamdulillah satu judul diterima, yakni PKM-GFK. Sementara untuk PKM 5 bidang, kita sedang menunggu kabar gembira. Semoga yang PKM 5 bidang juga ada yang didanai,” ungkap Dailami.

Adapun judul PKM-GFK yang mendapat insentif adalah “Hutan Yang Ter(Di)Bakar”. Usulan PKM-GFK tersebut diketuai oleh Dera Afdal dengan dua anggota, yakni Hera Susanti dan Muhammad Yani. PKM-GFK tersebut dibimbing oleh Rahmad Nuthihar, S.Pd., M.Pd, disutradarai oleh Riza Hasan, S.Sos., M.Si. dan dibantu oleh editor Andri Gunandar, S.Kom.

“Jika dilihat dari surat pengumuman penerima insentif, total PKM-GFK yang didanai dari seluruh perguruan tinggi di Indonesia sebanyak 191 judul. AKN Aceh Barat adalah satu-satunya dari Akademi Komunitas Negeri di Indonesia yang didanai. Ini membuktikan bahwa AKN Aceh Barat, merupakan perguruan tinggi dengan kesempatan berkompetensi dan berkarya sama seperti perguruan tinggi negeri lainnya di Indonesia,” papar Dailami.

Sebagai informasi tambahan. PKM-GFK tersebut menceritakan tentang bencana nasional kebakaran hutan. Dalam video tersebut menjelaskan tentang penyebab kebakaran hutan, dampak yang ditimbulkan dari kebakaran hutan, serta solusi untuk mengantisipasi kebakaran hutan. Adapun tautan video tersebut dapat diakses pada https://youtu.be/7oSPnpGItjY.

“Terima kasih saya ucapkan kepada seluruh pihak yang telah membantu dan berkontribusi dalam penyusunan PKM ini. Pertama sekali kepada Pusat Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat, dan Penjaminan Mutu, koordinator program studi, dosen, instruktur, dan pengelola data kemahasiswaan.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *