AKN ACEH BARAT
berita

Dandim Abar Bekali 4 Pilar Kebangsaan bagi Mahasiswa AKN

 

Meulaboh, Komandan Kodim 0105 Aceh Barat (Dandim Abar), Letkol Inf. Dimar Bahtera S.Sos M.A.P menjadi narasumber dalam kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) di Akademi Komunitas Negeri Aceh Barat, Rabu (8-9-2021).

Di hadapan 59 mahasiswa baru AKN Aceh Barat, Dimar menjelaskan bahwa empat pilar bangsa yang meliputi Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika, NKRI. Keempat pilar tersebut harus dipahami oleh mahasiswa dan diimplementasikan dalam kehidupan sehari-sehari.

“Perkembangan karakter bangsa, budaya luhur sebagai pondasi, demokrasi dan modernisasi, untuk mencapai cita-cita nasional. Karakter bangsa menjadi kata kunci karena karakter mampu mengendalikan logika, karakter yang sama memudahkan memberi pemahaman, meminimalisasi konflik, menyatukan kekuatan, menyelesaikan tugas rumit, dan memajukan bangsa butuh kesatuan perpaduan antarmasyarakat,” papar Dimar.

Selanjutnya Dimar menjelaskan, pembentukan karakter bangsa bersumber dari pilihan nilai luhur budaya akan lebih mudah secara natural. Menurutnya, jika karakter bangsa tidak dibentuk dan dikuatkan maka akan membahayakan dan bisa menjadi bom waktu jika tidak dikelola dengan baik.

Dimar berpesan kepada mahasiswa jika dulu tantangan bersifat kolonialisme, kini telah berevolusi menjadi kompetisi global. Musuh generasi muda yang harus diperangi bukan lagi penjajah, melainkan ketidakmampuan dalam menyaingi cepatnya arus perkembangan zaman.

“Umumnya mahasiswa sekarang yang generasi milenial senang berlama di media sosial, instan tidak mau repot, maunya enak dan banyak untung, senang konsumtif terdikte lifestyle terkini, hanya semangat di awal/menggebu tidak tahan uji.”

Pelaksanaan PKKMB di Aceh Barat dilakukan secara tatap muka dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat. Mahasiswa diwajibkan mengena masker selama di ruangan, mencuci tangan, dan menjaga jarak.

Rekomendasi Liquid saltnic terbaik 2023

Related posts

Indeks Minat Belajar Bersama di Perpustakaan

akanabar

260 Mahasiswa AKN Aceh Barat Ikut Pengenalan Kehidupan Kampus

akanabar

Bupati Aceh Barat Raih Doktor Kehormatan

akanabar

Leave a Comment